Cari Blog Ini

Jumat, 12 September 2014

MEMAKSIMALKAN PERFORMA VGA NVIDIA PADA CONTROL PANEL

MEMAKSIMALKAN PERFORMA NVIDIA GRAFIK PADA CONTROL PANEL
admin memakai driver nvidia versi 340.52
bila ada ketidak samaan tenang aja
pada dasarnya sama aja kok
langsung aja ya

ohh ya sebelumnya settingan dibawah ini bukan dari saya
tapi dari akun fb gxc

Ambient Occlusion
Kalo di dalam settingan game, biasanya opsi ini dikasih nama SSAO. Fungsinya sama yaitu menambah tingkat detil ambience lighting jadi shadow-nya bisa lebih bagus – lebih dalam dan lebih banyak shadow.
- Klo mau bagus: Ambient Occlusionnya dibikin Performance atau Quality – Saya ga ngrasain beda yang signifikan antara dua pilihan itu jadi mungkin lebih baik ke Performance aja klo VGA-nya bukan yg High-End. Tapi, klo rekomendasinya sih (untuk masalah kompatibilitas) mending nyalainnya dari settingan game masing-masing – klo ada ya.
- Klo mau kenceng: Ambient Occlusionnya dibikin Off aja. Efek Ambient Occlusion termasuk salah satu yang berat jadi klo dibikin Off bisa ngefek bgt ke framerate.
Anistropic Filtering
Opsi yang satu ini tugasnya adalah membuat semua tekstur – image 2D – yang meliputi semua objek 3D jadi lebih jelas. Dengan kata lain, semakin tinggi AF-nya semakin tajam teksturnya sedangkan klo AF-nya rendah jadinya ada beberapa tekstur yang buram. Di sini, rekomendasinya sama kayak yang di atas, lebih baik diatur di dalam settingan gamenya ( di set ke Application Controlled) kecuali klo di dalem gamenya ga ada opsi AF.
Antialiasing – Gamma Correction
Opsi ini cuma bisa berjalan di VGA 7800 atau yang lebih baru. Fungsi dari opsi ini untuk memperbagus kualitas warna dan membantu menghilangkan jaggies (sudut yang terlihat kotak-kotak). Saran saya sih ini diset ON aja soalnya ga terlau berasa juga di framerate.
Antialiasing – Mode
Klo ada yg nanya, Anti-Aliasing itu cewek apa cowok? Anti-Aliasing itu nama efek 3D yang bisa menghaluskan jaggies (sudut yg kotak-kotak tadi jadi kelihatan lebih smooth).
- Klo VGA-nya High-End: Boleh diset ke ‘Enhance the Application Setting’ biar dapet gambar yang sedep bgt.
- Klo VGA-nya lumayan silahkan coba-coba dulu yang paling pas antara kenceng dan bagus yang berapa x. Klo lebih compatible sih, mending ngesetnya dari dalem gamenya dan di Control Panel sini diset ke ‘Application Controlled’.
- Klo VGA-nya ucup buanget atau onboard atau VGA-nya jaman Proklamasi Kemerdekaan RI ^^, mending di set ke ‘Off” biar kgk endut2an.
Antialiasing – Setting
Di sini, temen-temen bisa milih tingkat Antialiasing untuk dapetin jalan tengah antara gambar yang bagus dan framerate yang maksimal. Di sini ada beberapa opsi yang bisa dipilih dan jangan bingung dengan akhiran Q dan CSAA. Secara general sih yang paling kenceng itu yg ga pake akhiran apa-apa sedangkan yang CSAA lebih cantik dari yang Q.
CUDA – GPUs
Setting aja ke 'All', yg protes MAHO kwkkwkw... Kecuali pake lebih dari 1 VGA terus mo ngetest salah satu VGA-nya.
Maximum Pre-rendered Frames
Untuk yang ini, paling pas diset di ‘3’. Sebenernya opsi ini tujuannya untuk mempersiapkan frame-frame yang berada di belakang frame yang sedang diproses. Cuma, saya pernah coba klo di set di 9 malah jadinya kadang-kadang ngefrezee gt.
Multi-display/Mixed-GPU Acceleration
Klo pake 1 monitor, ya pake ‘Single Display Performance’. Klo pake monitor 2 atau lebih, bisa pake yg ‘Multiple Display Performance Mode’. Klo ada yg aneh2: ada masalah, mo ngetest2 ato yg laen bisa dipilih yg ‘Compatibilty Performance Mod’
Power Management Mode
Set ke ‘Prefer Maximum Performance’. Klo yg pake laptop gimana? Opsi ‘Adaptive’ ga terlalu berasa sih ke batere klo dari pengalaman ane jadi ya balik lagi ke opsi pertama.
Texture Filtering – Anistropic Sample Optimisation
Opsi ini baru bisa diatur kalo setting 'Texture Filtering - Quality'-nya diset di selain ‘High Quality’. Opsi ini mendingan sih di set ke ‘ON’. Setting ‘OFF’ cuma dipake klo ngeliat ada masalah di game (ada tekstur yg aneh).
Texture Filtering – Negative LOD Bias
LOD makanan sejenis bakwan ya? LOD itu singkatan dari Level of Detail. Di beberapa game settingan ini bisa ngaruh ke ketajaman objek di dalem game. Rekomendasinya diset ke ‘Clamp’ untuk dapetin gambar yang bohai. Opsi ‘Allow’ bisa dipilih kalo ada objek yg aneh-aneh (ada masalah) atau frameratenya beneran dah mentok bawah (alias endut2an).
Texture Filtering – Quality
Opsi ini akan menentukan tingkat Anistropic dan Trilinear filtering. Dari opsi yang ada bisa ketauan kan mana yang bagus dan mana yang lebih menekankan ke performa. Saran saya, opsi yang paling balance sih di ‘Performance’.
Texture Filtering - Trilinear Optimization
Klo opsi ‘Texture Filtering – Quality’ tidak di set di ‘High Quality’, settingan ini bisa diset ke ‘ON’ atau ‘OFF’. Saran ane, mendingan diset ke ‘ON’ soalnya ga terlalu ngefek juga bedanya. Kecuali, lagi-lagi, klo temen-temen ngeliat ada objek-objek aneh (kek kucing terbang atau apaan kek) di game, baru diset ke ‘OFF’.
Threaded Optimization
Opsi ini tujuannya untuk memaksimalkan kinerja multithread untuk semua game 3D. Jadi klo udah pake procie Multi-Core atau Multi-Thread, opsinya sebaiknya diset ke On atau Auto. Setel ke ‘Off’ klo pas Troubleshooting alias ada masalah (glitches dan kawan-kawannya).
Triple Buffering
Penjelasannya puanjangggg dan lama (teorinya beneran panjang klo yg ini kwkwkw)... tapi intinya sih, klo mau pake opsi V-Sync opsi ini sebaiknya disetel ke ‘ON’ untuk nambah performa. Klo ga pake V-Sync tetep dinyalain juga ga papa sih.
SLI Performance Mode
Opsi ini Cuma keluar klo pake konfigurasi SLI dan konfigurasi SLI juga sama panjangnya dengan yg di atas jadi bisa tanya-tanya dulu sama Mbah Google.
Vertical Sync
Vertical Syncronization aka V-Sync. Gunanya V-Sync itu untuk menyamakan framerate game dengan refresh rate monitor. Jadinya, framerate idealnya ya 60fps klo pake settingan 60Hz. Klo V-Sync dimatikan, jadinya bisa ada yang biasanya dikenal dengan ‘Screen Tearing’ yaitu ada frame-frame game yang keskip jadinya keliatan alias ga smooth juga – kemungkinan besar kecepetan framenyanya. Umpamanya, klo pake V-Sync, framenya bisa digambar semua mulai dari 1,2,3,4,5. Sedangkan kalo V-Sync-nya dimatiin ada beberapa frame yg diskip jadi 1,3,5 (frame 2 dan 4 ga ditampilin di monitor). Idealnya sih V-Sync harus dinyalain kecuali VGA-nya dah ngos-ngosan untuk dapetin 40fps. Selain itu, untuk masalah kompatibilitas, sebaiknya V-Sync diset di dalem settingan game.

gimana ??? ngertikan
silahkan edeti sesuka kalian
tapi kalau mau ikut recomendasi yang ada di atas

semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar